5 Kriteria Jaket Hiking yang Cocok Untuk Pendakian Gunung Indonesia

May 24, 2022
Olahraga Pegunungan
5 Kriteria Jaket Hiking yang Cocok Untuk Pendakian Gunung Indonesia


5 Kriteria Jaket Hiking yang Cocok Untuk Pendakian Gunung Indonesia

Semenjak kehadiran film layar lebar 5 CM, kegiatan mendaki gunung seketika menjadi populer. Banyak orang yang sebelumnya enggan untuk bermain ke gunung tiba-tiba saja mendadak berubah jadi sosok pecinta alam yang hampir setiap tanggal merah punya hobi baru, yaitu naik gunung.

Sayangnya para pendaki gunung pemula ini terkadang tidak mengedukasi dirinya dengan baik tentang apa saja sih yang penting untuk dilakukan dan tidak dilakukan selama pendakian, serta perlengkapan hiking seperti apa sih yang sebaiknya dimiliki? Kalau kamu salah satunya, sekarang saatnya kamu memahami hal-hal basic mengenai kriteria Jaket gunung yang baik untuk pendakian gunung di Indonesia berikut ini!

1. Soal Ukuran

Saat akan membeli jaket gunung, hal pertama yang harus dipikirkan adalah soal ukuran. Ukuran jaket gunung yang benar adalah tidak terlalu press body dan tidak juga terlalu longgar. Pilihlah jaket dengan size yang lebih longgar sedikit daripada tubuh kamu. Jaket dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kamu bisa digunakan secara berlapis dengan jaket polar lainnya untuk menambahkan kehangatan pada tubuh saat udara dingin di puncak gunung. Sementara jaket yang terlalu press body malah bisa membuat tubuh kamu cepat kepanasan.

2. Mengetahui Soal Layering System

Layering sistem adalah sistem lapisan pelindung tubuh yang biasa digunakan dalam mendaki gunung. Lapisan layering sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu base layer, mid layer, dan outer layer. Base layer biasanya merupakan lapisan pertama yang menempel pada kulit dengan bahan spandex.  Mid layer adalah lapisan kedua pelindung tubuh yang menahan panas tubuh keluar, biasanya menggunakan bahan fleece atau polar. Sedangkan outer layer adalah lapisan terakhir yakni jaket yang berfungsi menahan air atau angin

Men's country walking waterproof jacket - NH150 imper

3. Bahan dari Jaket

Kamu mungkin sudah biasa mendengar bahan waterproof, atau windproof. Sejatinya bahan waterproof berbanding lurus dengan bahan windproof. Dimana semakin tinggi kemampuan suatu bahan jaket dalam menahan air. Maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam melepaskan udara panas akibat pernapasan tubuh. Kamu juga bisa pilih bahan jaket gunung dari goretex. Gortex sendiri merupakan teknologi yang membuat lapisan jaket anti air dan kedap udara, namun tetap bisa mengalirkan udara panas di dalam jaket keluar.

4. Pilih Warna yang Cerah

Saat mengunjungi toko jaket hiking atau cek toko jaket hiking online biasanya mereka akan menyediakan berbagai jenis warna jaket. Mulai dari warna alam seperti abu-abu, hitam, atau hijau hingga warna cerah seperti merah, biru, atau kuning. Sebaiknya kamu memilih jaket dengan warna cerah yang akan memudahkan kamu terlihat selama proses pendakian. Pemilihan warna cerah juga akan membantu kamu saat  operasi Search and Rescue (SAR) jika hilang di gunung.

5. Pilih Jaket Hiking dengan Hoodie

Hoodie adalah salah satu item jaket dari jaket hiking yang wajib kamu pertimbangkan. Hoody akan sangat berguna saat hujan atau panas untuk melindungi kepala kamu. Bahkan saat cuaca berangin, kamu juga bisa melindungi telinga dari tiupan angin kencang. Saat tidak digunakan, kamu bisa melipat hoodie yang membuat leher terasa lebih hangat.

So, setelah kamu mengetahui kelima hal tersebut jangan lupa menerapkan tips ini ketika belanja jaket hiking secara online maupun offline. Kamu bisa menemukan jaket hiking dengan lima kriteria di atas hanya di decathlon.co.id

Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form