5 Makanan yang Perlu Dikonsumsi di Musim Pancaroba

August 2, 2022
Kegiatan Olahraga

Di musim pancaroba seperti ini, tubuh kita jadi lebih rentan terkena penyakit. Apalagi akhir-akhir ini, kasus COVID-19 sedikit meningkat. Menjaga kesehatan makin krusial di saat-saat seperti ini, Sport Users! Gak hanya olahraga, ada beberapa asupan yang harus kamu tingkatkan konsumsinya. Cek di bawah ini ya! 

1. Makanan berbahan sayur

Makanan berbahan sayur atau plant-based sangat kaya mengandung nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Antioksidan yang terkandung dalam sayur bisa membantu mengurangi infalamasi. Serat juga sangat sehat untuk memberi makan bakteri baik dalam perut. Yes! Bakteri juga baik lho untuk tubuh kita, karena bakteri baik ini bisa menjaga sistem imun tubuh. Jenis sayur yang wajib kamu konsumsi untuk hidup sehat: 

  • Bayam
  • Brokoli – Kaya akan vitamin A, E, dan serat.
  • Bawang Putih – menambah rasa serta kaya akan kandungan alisin untuk melawan flu.

2. Lemak baik

Lemak itu ga semuanya jahat lho. Ada juga lemak baik yang dibutuhkan untuk memproduksi energi, menyerap vitamin, dan menghindari masalah kesehatan jantung. Lemak baik mendorong imun tubuh untuk melawan kuman. Hindari makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Coba konsumsi lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat). Lemak jenis ini mengandung anti-inflamasi dan baik untuk jantung kita juga. Cocok juga untuk yang sedang program mengurangi berat badan lho!

Sumber lemak tak jenuh tunggal: 

  • Minyak zaitun
  • Alpukat
  • Kacang-kacangan: almond, kacang tanah, dan kacang mete.
  • Selai kacang

Sumber lemak tak jenuh ganda:

  • Biji bunga matahari, biji wijen, dan biji labu
  • Walnuts
  • Fatty fish  
  • Soymilk

3. Makanan fermentasi

Manfaat makanan yang difermentasi adalah antara lain membantu sistem pencernaan tubuh kita. Makanan fermentasi kaya akan probiotik yang akan bantu jaga sistem imun tubuh. Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti tempe, acar, yoghurt, kimchi, dan masih banyak lagi.

4. Kontrol asupan pemanis buatan

Konsumsi pemanis buatan yang berlebih bisa berujung ke bertambahnya berat badan dan obesitas. Kita harus selalu memperhatikan seberapa banyak gula yang kita konsumsi tiap harinya. Hindari konsumsi gula lebih dari dua sendok makan jika kebutuhan kalorimu 2.000 kalori perhari. Mengurangi konsumsi gula bisa membantu mengurangi berat badan yang pastinya akan bermanfaat untuk jangka panjang, karena mengurangi inflamasi dan menjaga kesehatan jantung. Jika kamu butuh gula atau pemanis, kamu bisa ganti dengan madu. Rasanya enak dan lebih sehat!

5. Tetap terhidrasi

Dehidrasi itu bisa jadi satu sumber utama masalah pencernaan, sakit kepala, kondisi jantung, serta ginjal. Fokus kita juga bisa berkurang jika dehidrasi lho! Air adalah "alat" terbaik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Itu dia 5 makanan dan minuman yang harus kita konsumsi terutama saat masa pancaroba. Selain itu, olahraga rutin juga sangat disarankan ya! Kamu bisa mulai olahraga yang mudah seperti jalan kaki atau jogging pagi. Selalu lalukan pemanasan sebelum berolahraga untuk menhindari cedera. Idealnya, kita harus berolahraga minimal 150 menit per minggu.

Setiap kita olahraga minimal 30 menit, tubuh kita mengeluarkan hormon endorphin atau hormon bahagia! Jadi gak cuma sehat, olahraga juga bikin happy. Semua kebutuhanmu untuk olahraga juga bisa ditemukan di Decathlon, pastinya! Yuk kunjungi toko terdekat dari rumahmu atau kamu bisa belanja darimana saja melalui website, aplikasi, serta official store Decathlon Indonesia di Tokopedia dan Shopee.

Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form