5 Peralatan Mendaki Ini Wajib Kamu Bawa Agar Terhindar Dari Hipotermia

May 23, 2022
Olahraga Pegunungan
5 Peralatan Mendaki Ini Wajib Kamu Bawa Agar Terhindar Dari Hipotermia


5 Peralatan Mendaki Ini Wajib Kamu Bawa Agar Terhindar Dari Hipotermia

Hipotermia adalah sebuah kondisi yang paling sering dialami oleh para pendaki. Penyebab utama hipotermia adalah terlalu lama berada di tempat dingin. Apabila tidak segera diatasi, hipotermia dapat menyebabkan gagal total pada jantung dan sistem pernapasan dan menyebabkan kematian. Bahaya banget kan?

Oleh karena itu, saat melakukan pendakian kamu harus mempersiapkan berbagai perlengkapan yang tepat agar terhindar dari hipotermia. Lalu perlengkapan apa saja yang wajib dibawa pendaki agar terhindar dari hipotermia?


1. Sleeping Bag

Sleeping bag adalah perlengkapan penghangat utama yang wajib dibawa oleh para pendaki. Sleeping bag ini dapat menjaga kamu dari udara dingin pegunungan yang menusuk sehingga mencegah serangan hipotermia. Perlu diingat jika sleeping bag dirancang hanya untuk satu orang sehingga tidak dianjurkan memakai sleeping bag melebihi kapasitas yang ada.

Kamu juga harus teliti dalam memilih sleeping bag. Pastikan panjang sleeping bag sesuai tinggi badan, memiliki penutup kepala dan terbuat dari bahan berkualitas baik (katun dan polyester).

Kantung Tidur Katun Quechua Arpenaz 10°


2. Jaket Gunung

Sebagai perlengkapan yang menempel di badan, jaket nggak boleh ketinggalan dong! Jaket sangat diperlukan saat suhu udara gunung mulai rendah. Meski tak selalu digunakan selama perjalanan mendaki tapi kamu harus tetap memiliki jaket gunung yang dapat tahan dari air, angin, dan hawa dingin. Rekomendasi jaket gunung yang bisa kamu pakai untuk pria antara lain:

Jaket mendaki gunung kedap air pria- MH150


Sementara kamu pendaki wanita, dapat memakai pilihan jaket berikut ini:

Jaket Mendaki Gunung Kedap Air - Wanita MH100


3. Tenda

Jika kamu berencana bermalam di gunung, tenda pasti jadi perlengkapan wajib bawa. Tenda dapat melindungi kamu dari angin pegunungan yang dapat menyebabkan turunnya suhu tubuh. Pilih tenda yang mampu menahan angin, ringkas, mudah disimpan, dan pikirkan kapasitas orang yang berada di dalam tenda. Kamu bisa membawa tenda quechua dengan beberapa model berikut.

Tenda Arpenaz 4.1 dengan tiang | 4 orang 1 kamar


4. Baju Ganti

Membawa baju ganti sangat dianjurkan, apalagi jika kamu melakukan pendakian saat musim hujan. Baju ganti ini dapat kamu gunakan sebagai pengganti baju basah. Atau saat mendaki di musim panas, baju ganti dapat berfungsi saat udara mulai dingin, kamu bisa bawa baju yang lebih hangat. Saat membawa baju ganti jangan lupa untuk membawa plastik untuk wadah baju kotor atau basah milik kamu.


5. Obat-obatan

Obat-obatan wajib kamu bawa selama pendakian. Kalau perlu bawa kotak P3K khusus yang berisi berbagai obat serta perlengkapan medis yang dibutuhkan. Kamu bisa membawa obat sakit kepala, minyak kayu putih, aromaterapi, obat flu, suplemen, hingga betadine. Saat tubuh mulai terasa nggak beres, kamu bisa segera mengatasi dengan obat-obatan tersebut. Oh ya, selain obat latihan fisik berupa olahraga juga sangat diperlukan loh untuk mendukung perjalanan mendaki lancar dan aman.

Selain lima perlengkapan di atas, kamu juga bisa mempersiapkan perlengkapan mendaki lain seperti matras, peralatan memasak, hingga sepatu hiking. Semua perlengkapan tersebut bisa kamu dapatkan di toko olahraga bandung terlengkap decathlon.co.id

Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form