6 latihan badminton yang bisa dilakukan di mana aja!

July 6, 2022
Olahraga Raket

6 latihan badminton yang bisa dilakukan di mana aja! 

Badminton adalah salah satu olahraga yang "mengajak" seluruh tubuh untuk bergerak. Olahraga ini mewajibkan kita untuk lari, berpindah tempat, melatih kecekatan dan core, serta menguatkan jantung. Bagian terbaiknya adalah: kita secara tidak sadar sedang melatih itu semua sambil bermain!

Ada beberapa latihan yang harus dilakukan agar kamu makin jago dan lincah saat bermain badminton. Sebelum mulai kamu bisa melengkapi kebutuhan aksesoris badminton di Decathlon.

Pemanasan terbaik untuk badminton adalah skiping, karena olahraga ini bertumpu di bagian kaki kita. Hal ini juga penting dalam bermain badminton. Koordinasi antaa tangan dan kaki juga merupakan skill yang dibutuhkan. Kalau kamu tidak punya tali skipping, kamu juga bisa melakukan olahraga kardio selama 10-15 menit. Olahraga apapun yang memompa kerja jantung akan bermanfaat untuk menjadi pemanasan sebelum bermain badminton.

1. Memukul ke tembok

Hal ini mungkin akan cukup menantang di awal, tapi merupakan latihan yang tepat jika kamu baru memulai badminton. Pertama, posisikan dirimu menghadap tembok dan mulai serve selayaknya kamu bermain dengan orang lain. Disarankan untuk sedikit menekuk lutut untuk melatih reflek kaki. Saat kamu sudah mulai memukul ke arah tembok berulang kali, pastikan kamu juga bergerak maju, mundur, dan ke samping kanan-kiri seperti kamu sedang berlatih di lapangan. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan feel akan permainan sesungguhnya jika kamu bertanding melawan orang lain di lapangan.

2. Melatih bayangan atau shadow

Latihan shadow membantu meningkatkan kelincahan, kecepatan, dan ketahanan atau endurance kaki. Badminton adalah olahraga yang banyak menggunakan kaki. Kita bisa saja harus selalu berlari hanya untuk memukul shuttlecock. Untuk bermain badminton, kita harus membuat diri kita lebih kuat dan lincah. Ada beberapa cara untuk melatih shadow

  • Smash and tap
  • Side to side defense
  • Front corner lifting

3. Mengambil shuttlecock

Latihan ini akan meningkatkan ketahananmu. Caranya:

  • Ambil 6 kok. Taruh 5 kok di satu sudut, dan 1 kok di bagian tengah.
  • Lalu ambil kok yang di satu sudut, bawa ke tengah, lalu kembalikan lagi ke sudut.

4. Mengayun raket

Latihan ini fokus pada kekuatan tangan dan pergelangan tangan. Kecepatan tangan dan pergelangan adalah hal yang krusial dalam pertandingan. Sangatlah penting untuk bisa menggerakkan tangan kita seefisien mungkin, dan latihan ini membantu kita untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan. Untuk melatih hal ini, kita butuh raket yang agak berat. Ini adalah 3 cara melatih ayunan raket: 

  • Stationary smashing: Bayangkan titik tertinggi, dan jika kamu memegang raket di tangan kananmu, coba maju ke depan dengan kaki kanan dan ayunkan raket dengan sangat kuat.
  • Stationary defense:  Majulah sembari mengangkat raket dan fokuskan pukulan ke bagian depan.
  • Front wrist work: Sembari serving, bawa raket ke arah bawah sambilm menjaga ayunan dengan pelan.

5. Latihan kelincahan kaki

Latihan ini memerlukan ruangan yang cukup besar, kira-kira lebar 15-20 meter.

  • Open close: Lakukan gerakan semi-squat, tekuk lutut, lalu jinjit.
  • Sprints: Lari sprint dari satu sisi ke sisi lainnya.
  • Lunges: Saat menyelesaikan gerakan lunge di satu sisi, lanjut maju dengan melakukan lunge dengan sisi yang lainnya.
  • Shuffle and leap: Lompat kecil 2 kali, lalu lompat jauh saat lompatan ketiga.

6. Latihan body circuit

Latihan ini akan membantu kita untuk meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Kita bisa menggabungkan latihan ini ke olahraga rutin sehari-hari. Latihan ini akan menguatkan core dan beberapa otot. Latihan ini juga menjaga kesehatan jantung lho.

  • High knee jumps: Lompat setinggi mungkin sambil tempelkan lutut ke dada.
  • Burpees: Memperkuat otot dan core.
  • Jumping lunges: Mirip dengan lunges, namun saat mau menyelesaikan satu gerakan, langsung lompat ke posisi berikutnya.
  • Knee touches elbows: Berdiri, angkat tangan dan tekuk, lalu temukan lutut kanan dengan sikut kiri, dan sebaliknya.
  • Leg lift: Tidur di atas matras, lalu angkat kaki sebisa mungkin, turunkan, dan angkat lagi.
  • Pushups  
  • Side to Side twist: Tidur di atas matras, angkat kaki dan buat sudut 90 derajat dengan menekuk lutut. Lalu putar ke kanan dan ke kiri mulai dari bagian pinggang ke bawah.

Untuk kamu si hobi main badminton atau bulutangkis, kamu bisa banget meningkatkan keahlian kamu dengan mengikuti 6 saran di atas. Jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan kamu bermain di Decathlon Indonesia ya! Datangi toko terdekat kami atau bisa juga belanja di website, aplikasi, dan juga official store kami di e-commerce favoritmu. Terakhir, jangan lupa have fun! 

Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form