6 Tips Memilih Matras Olahraga Bagi Pemula

May 23, 2022
Olahraga Kebugaran
 6 Tips Memilih Matras Olahraga Bagi Pemula


Jangan Sampai Salah Beli, Ini 6 Tips Memilih Matras Olahraga Bagi Pemula

Meningkatnya kesadaran akan budaya hidup sehat membuat banyak orang mulai gemar olahraga. Kini olahraga harus menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setidaknya seminggu sekali. Apalagi saat ini olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja termasuk di rumah asal kamu memiliki matras olahraga.

Dengan memiliki matras olahraga kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga, mulai yoga hingga body workout di rumah. Punya matras olahraga juga bisa jadi alasan mengapa kamu harus rutin berolahraga. Masak sudah dibeli terus nggak dipakai olahraga? Sayang banget dong!

Sebelum buru-buru membeli matras olahraga, sebaiknya perhatikan lebih dulu tips memilih matras olahraga yang berkualitas berikut ini!


1. Tidak Licin

Matras olahraga yang tepat adalah yang memiliki permukaan tidak licin. Sehingga saat kamu melakukan berbagai gerakan olahraga tidak akan bergeser. Namun kebanyakan matras olahraga yang baru memiliki permukaan yang licin. Jika memang kamu mendapatkan matras yang seperti itu maka cara menyiasatinya adalah dengan menaburkan bubuk kapur tulis di matras olahraga serta bagian-bagian tak tersentuh untuk menghilangkan licinnya.


2. Empuk

Sebagai pemula, untuk menghindari agar tidak cidera saat olahraga. Usahakan memilih matras yang empuk. Dengan menggunakan matras yang empuk selama olahraga akan membantu menguatkan serta membangun persendian. Sehingga nantinya tidak mudah cedera. Hindari memilih matras yang tipis karena dapat membuat kamu rawan cedera ketika melakukan kegiatan olahraga seperti yoga atau pilates yang memiliki gerakan jauh lebih kompleks.


3. Ketebalan Matras

Selanjutnya soal ketebalan matras, setiap jenis olahraga membutuhkan tingkat ketebalan yang berbeda. Olahraga yoga membutuhkan matras dengan busa yang tipis dan permukaannya tidak licin. Sementara matras dengan busa yang lebih tebal lebih cocok untuk jenis olahraga gym yang menuntut gerakan cepat.

Matras Yoga Lembut XL 5 mm- Hijau


4. Bahan Matras

Saat memilih matras usahakan kamu melihat dengan teliti bahan apa yang digunakan dalam membuat matras tersebut. Kamu bisa memilih matras yoga yang terbuat dari bahan free-pvc. PVC adalah bahan yang memiliki kandungan plastik cukup tinggi sehingga kurang baik untuk kesehatan. Pilihlah matras olahraga dengan kandungan karet alami.


5. Ringan

Tipis, licin, dan terakhir kamu harus memilih matras olahraga yang ringan. Setidaknya matras yang digunakan tidak lebih dari 1,5 kg. Kamu nggak kau kan pundak sakit gara-gara menenteng matras olahraga yang terlalu berat? Matras yang ringan juga mudah dibawa kemana-mana saat kamu harus berada di gym atau mengikuti kelas yoga di luar rumah.


3. Pilih sesuai budget

Ini adalah tips yang paling penting. Usahakan untuk memilih matras olahraga yang sesuai budget. Jangan hanya karena gengsi atau supaya terlihat keren kamu memaksakan diri membeli matras olahraga bermerek. Yup! Ada harga ada kualitas, tapi bukan berarti harus memaksakan, bukan?

Saat ini sudah banyak brand yang menawarkan pilihan matras olahraga dengan berbagai macam harga. Kamu juga bisa mencoba untuk membeli matras olahraga secara online melalui decathlon.co.id, salah satu online shopping peralatan olahraga yang menawarkan matras olahraga murah dengan kualitas terjamin.

Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form