7 Panduan Memilih Skateboard Deck untuk Pemula

May 17, 2022
Olahraga Perkotaan
Panduan Memilih Skateboard Deck untuk Pemula


7 Panduan Memilih Skateboard Deck untuk Pemula

Tertarik dan ingin mencoba skateboard? Sudah siap dengan perlengkapan atau malah bingung harus pilih yang mana? Tak ada salahnya para skateboarder pemula untuk mempersiapkan perlengkapan, salah satunya adalah skateboard deck. Pastikan untuk memilih skateboard deck yang berkualitas baik untuk menghindari risiko rusaknya skateboard yang dapat berakibat cedera. Yuk, simak tips memilih skateboard deck biar kamu tidak salah pilih.


1. Jenis Skateboard

Memilih skateboard deck akan sangat bergantung pada skateboard apa yang kamu inginkan. Apakah untuk penggunaan street skateboard atau skatepark, permukaan transisi atau jalanan beraspal. Ada dua jenis ukuran skateboard yaitu longboards dengan ukuran skateboard deck yang lebih panjang untuk meluncur di jalanan. Lalu shorter boards dengan ukuran lebih pendek untuk bermain di arena bowl atau park atau pool yang memang dirancang khusus untuk bermain skateboard. Jenis shorter boards ini akan memudahkan pemain dalam melakukan trik melompat, meluncur di jalan yang menurun, atau trik-trik lainnya.

Longboard Pintail 500 Strip Klasik


2. Ukuran Skateboard Deck

Seperti halnya jenis skateboard deck, ukuran skateboard deck akan ditentukan oleh jenis skateboard yang dilakukan. Untuk street skateboard cenderung menggunakan skateboard deck berukuran kecil antara 7,5 - 8,25 inci, karena sangat mudah dikendalikan untuk melakukan manuver dan trik-trik skateboard seperti flip trick. Sedangkan untuk skateboard dengan permainan transisi, seperti pada bowl atau pool, cenderung menggunakan skateboard deck berukuran besar antara 8,25 - 9,0 inci karena lebih mengutamakan kenyamanan kaki pada papan saat bermain di area transisi.


3. Truck Sesuai dengan Skateboard Deck

Truck adalah penyangga antara skateboard deck dan roda. Di dalam truck ini terdapat karet suspensi seperti donat yang disebut bushing yang berfungsi sebagai bantalan untuk membelok. Dalam memilih truck ini, pastikan kamu mengacu pada ukuran skateboard deck yang kamu pilih. Truck yang tinggi cocok dengan roda skateboard yang besar dan terdapat ruang yang lebih banyak untuk melakukan flip trick dan trik skateboard lainnya. Sedangkan truck yang rendah memberikan kestabilan yang baik dan nyaman untuk meluncur.


4. Roda atau Wheels Skateboard Deck

Yang tak kalah penting saat mempertimbangkan membeli skateboard baru adalah roda pada skateboard deck. Pastikan ukuran dan kekerasan menjadi perhatian utama kamu. Semakin besar roda, maka akan semakin kencang pula skateboard tersebut meluncur. Untuk street skateboard pilih ukuran roda 49-54 mm. Sedangkan untuk bermain di skatepark atau meluncur di permukaan yang landai, pilih roda yang lebih besar dengan ukuran roda 65-70 mm. Untuk tingkat kekerasan roda, semakin empuk roda, maka akan semakin kuat menapak di permukaan. Skateboard yang meluncur di atas permukaan aspal yang kasar dengan banyak kerikil atau bebatuan, pilih roda berukuran 78a-87a. Sedangkan skateboard yang meluncur di skatepark dengan banyak turunan dan lekukan curam dengan trik skateboard, pilihlah roda berukuran 95a-99a karena karakter roda ini cukup keras dan lebih cepat, namun menapak dengan baik di permukaan.


5. Bentuk Skateboard Deck yang Tepat

Sebagai pemula, seringkali dihinggapi kebingungan dalam memilih skateboard deck karena ada banyak bentuk dan jenis. Ada baiknya untuk pemula yang belum pernah menggunakan sama sekali, kamu bisa mencoba skateboard deck milik temanmu untuk tahu mana skateboard deck yang paling cocok dan nyaman untukmu. Namun ada rekomendasi bagi skateboarder pemula memilih bentuk papan konvensional yang memudahkan dalam memahami serta menerapkan berbagai jenis trik dasar. Papan konvensional ini bercirikan terdapat cekungan di antara hidung dan ekor, yang sedikit melengkung ke samping. Dengan karakteristik skateboard deck ini akan memudahkan dalam melakukan trik skateboard.


6. Desain Skateboard Deck yang Personal

Memilih skateboard deck sama seperti memilih personal things lainnya. Tak hanya mengedepankan sisi fungsi dan fitur, skateboard deck juga bisa dipersonalisasi sehingga menjadi ajang berkreasi. Kamu juga bisa merancang skateboard dengan desain warna, motif atau gambar yang sesuai dengan selera kamu. Tak jarang, skateboard deck ini menjadi representasi diri atau mencerminkan kepribadian dari skateboarder.


7. Pilih Toko yang Tepat

Yang tak kalah penting dalam membeli skateboard deck adalah memperhatikan kredibilitas dan reputasi toko skateboard. Bila masih bingung, kamu bisa mengunjungi Decathlon Indonesia yang menyediakan skateboard deck dan semua peralatan atau kebutuhan skateboard kamu. Kamu juga bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya dengan bertanya pada pegawai Decathlon Indonesia saat mencari produk yang cocok untuk kamu. Tak perlu khawatir karena harganya pun terjangkau dengan desain atau motif yang seru.

Ayo kunjungi Decathlon sekarang juga yang ada di Alam Sutera, Mall Taman Anggrek, Bekasi, Mall of Indonesia, Mall Kota Kasablanka, dan Pondok Indah! Sibuk dan gak sempat kemana-mana? Kamu bisa tetap berbelanja secara online dan cukup klik website decathlon.co.id.

Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form