Cara Memilih Sepatu Olahraga

June 16, 2021
Artikel

Hi sport users! Pasti gak sedikit dari kita yang kerap menggunakan sepatu olahraga tidak sesuai dengan rekomendasinya. Misalnya aja, sepatu lari untuk bermain basket. Atau sepatu futsal, digunakan untuk olahraga berjalan, dan masih banyak lagi. Sebetulnya bisa gak sih? Jawabannya, bisa!


Tapi sayangnya, tidak menggunakan sepatu olahraga sesuai dengan rekomendasinya, akan memperbesar potensi cedera lho sport users! Mulai dari  jari kaki lecet, taji tumit, nyeri tulang kering, Morton's neuroma, nyeri pergelangan kaki, nyeri punggung, nyeri lutut, hingga nyeri pinggul. Wah, bahaya yah! Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk memilih sepatu sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.


Misalnya saja ketika kita memilih sepatu lari, sepatu untuk lari dibuat sangat fleksibel agar kaki dapat menekuk bebas setiap kali penggunanya melangkah. Agar tidak mudah rusak dan tidak menyebabkan cedera, sepatu lari sebaiknya tidak digunakan untuk olahraga jenis lain, misalnya tenis yang memerlukan gerakan menyamping. Begitu juga basket. Pilihlah sepatu dengan sol yang tebal dan kaku agar lebih seimbang saat berlari di lapangan. Untuk mendapatkan keseimbangan yang ekstra, Anda bisa memilih sepatu basket yang menutupi pergelangan kaki hingga mata kaki.


Nah, Decathlon Indonesia akan bantu kamu untuk memilih sepatu yang cocok :

  • Kunjungi toko yang khusus menjual sepatu olahraga. Toko ini biasanya memiliki staf yang sudah memiliki pengetahuan mengenai sepatu yang sesuai dengan kebutuhan olahraga Anda.
  • Belilah sepatu pada saat ukuran kaki maksimal, yaitu menjelang malam hari, setelah beraktivitas seharian, atau setelah Anda berolahraga.
  • Jangan percaya anggapan bahwa sepatu akan semakin nyaman setelah digunakan. Sepatu haruslah nyaman sejak pertama kali digunakan. Gunakan sepatu untuk berjalan beberapa langkah sebelum membeli.
  • Bawa kaus kaki yang biasa Anda pakai saat membeli sepatu. Jika Anda biasa memakai perlengkapan lain, misalnya sol dalam tambahan, kenakan juga bersama sepatu yang sedang Anda coba.
  • Hindari sepatu yang terlalu pas. Antara sepatu dan jari harus ada ruang sekitar 1 cm. Pastikan Anda bisa menggerakan semua jari kaki saat sepatu dipakai.
  • Pastikan bagian tumit dengan sepatu melekat dengan kuat. Jangan pilih sepatu yang terasa longgar di bagian tumit.

Itu dia sedikit tips dari Decathlon Indonesia untuk membantu kamu lebih cermat dalam memilih sepatu. Ingat yah, jangan gunakan sepatu olahragamu untuk olahraga lainnya, karena setiap sepatu punya spesifikasinya masing-masing!


Source :

https://www.alodokter.com/cermat-memilih-sepatu-olahraga-yang-tepat


Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form