Coba resistance band: Sama kuatnya dengan barbel!

October 17, 2022
Olahraga Kebugaran
Resistance bands adalah tali elastis yang seringkali dipandang sebelah mata sebagai aksesoris olahraga. Padahal, tali ini adalah salah satu alat paling efektif dan serbaguna, lho! 

Resistance band bisa menambah daya kekuatan untuk olahraga angkat beban, terutama untuk bagian atas tubuh seperti bicep curls atau lateral raises, atau gerakan bagian bawah / bokong seperti squat, glute bridges, dan lain-lain. Tali elastis ini juga baik untuk dijadikan alat rehabilitasi yang sangat baik untuk kamu yang cedera dan ingin mengembalikan kekuatan.

Tidak hanya itu, resistance band juga bisa jadi aksesoris yang efektif untuk meningkatkan latihan cardio dengan memakainya saat jump squat dan lateral lunges, atau gerakan tinju seperti jabs dan crosses, sebagai cara untuk menambahkan beban ke gerakan-gerakan dinamis tersebut.

Resistance Band > Beban dan Peralatan cardiogym

1. Mudah digunakan: hadir dalam bentuk lingkaran yang mudah dipasang di tiang, digunakan di kaki, atau diikat dan digantung dari berbagai ketinggian.

2. Serbaguna: resistance band bisa digunakan untuk bicep curls untuk menambah kekuatan saat melakukan lunges.

3. Harga terjangkau: harga mulai Rp50.000 di Decathlon Indonesia.

4. Tidak makan tempat: tali ini bisa digulung dan disimpan dalam laci atau lemari, atau bisa dibawa dalam tas gym kamu.

5. Aman untuk anak-anak: bukan alat yang perlu listrik ataupun berat, jadi aman di sekitar anak.

Pita Elastis Mini Pilates 100 Tiga Pack
DOMYOS Pita Elastis Mini Pilates 100 Tiga Pack

Selayaknya dumbbell, resistance band memiliki kekuatan atau berat yang bisa membantu memperkuat otot kita. Namun, tidak seperti dumbbell, tali ini bisa menjaga tekanan yang konstan untuk otot kita selama olahraga, di mana bisa menghasilkan pertumbuhan otot yang lebih baik.

Bebagai macam resistance bands untuk berbeda keperluan:

Resistance bands cocok digunakan pegiat olahraga dari berbagai level. Maka dari itu, tali ini bisa berguna untuk kita karena dia hadir dalam berbagai intensitas, mulai dari 5 Kg hingga 60 Kg. Untu mengetahui cara yang tepat dalam menggunakan masing-masing bands, cek gambar di bawah ini:

Masing-masing resistance band di Decathlon memiliki warnanya sendiri. Hal ini memudahkan pengguna untuk memilih yang sesuai kebutuhannya.

Perawatan

Hal terbaik dari resistance bands: tidak perlu perawatan khusus! Namun, karena tali ini dibuat dari karet, semakin sering digunakan akan bisa jadi semakin longgar atau kehilangan kekencangannya. Maka dari itu tetap ada perawatan yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan di awal:

  1. Bersihkan band dengan kain basah.
  2. Hindari penggunaan sabun untuk membersihkan band karena hal ini bisa mengurangi kekuatan band
  3. Hindari penyimpanan band di luar, di bawah sinar matahari langsung, atau di tempat dengan temperatur yang ekstrim.
Cross-Training Elastic Training Band 15 kg
CORENGTH Cross-training elastic training band 15 kg

Tips menggunakan bands dengan aman


  • HIndari melepas resistance band saat masih ditarik dengan kuat. Hal ini menjadi bahaya karena bisa membuat pengguna terpukul tali dan menjadi cedera.
  • Mulai olahraga dengan perlahan untuk memastikan kekuatan band
  • Hindari menyentakkan band saat dipakai
  • Periksa semua band sebelum dipakai. Perhatikan apakah ada yang tergunting, sobek, atau kekurangan lainnya yang bisa membuat bands kurang bisa maksimal terpakai di bagian tersebut. Jika kamu menemukan ada kerusakan, ganti bandnya dengan baru dan tidak perlu mencoba untuk memperbaikinya.
  • Jangan meregangkan band 2.5 kali lebih panjang dari panjang band
  • Hindari berolahraga dengan resistance band di dataran yang tidak rata.
  • Resistance band bukanlah mainan dan tidak seharusnya digunakan di aktivitas lain selain aktivitas olahraga yang seharusnya.


Beli resistance band sesuai kebutuhanmu di Decathlon sekarang juga! Sedang ada koleksi spesial fitness mulai Rp70ribuan aja loh. Cek Passion, Sweat, Wellness collection di sini

Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form