Kenali Jenis Jaket Hiking Agar Tidak Salah Pilih

May 17, 2022
Olahraga Pegunungan
kenali-jenis-jaket-hiking-agar-tidak-salah-pilih


Kenali Jenis Jaket Hiking Agar Tidak Salah Pilih

Berencana untuk hiking tapi belum punya jaket untuk melindungi diri dari cuaca di gunung? Tak apa, ada baiknya kamu kenal dan pahami jenis jaket hiking agar tidak salah pilih dalam membeli. Di kalangan pecinta hiking, dikenal tiga jenis jaket hiking. Masing-masing jaket ini memiliki kegunaan serta perawatan yang berbeda. Selain itu, jaket ini juga dibedakan berdasarkan peruntukan atau musimnya. Apa saja dan bagaimana merawatnya? Baca artikel ini sampai habis ya.


1. Jaket Hiking Waterproof

Jaket hiking jenis ini memiliki lapisan waterproof agar air tidak masuk ke bagian dalam jaket dan mengenai badan. Jaket hiking waterproof ini memiliki sistem seemsheeld atau perisai yang berfungsi melindungi sisi jahitan agar tidak kemasukan air.

Saat ini, jaket waterproof dibuat menggunakan teknologi Gore-tex, yaitu sebuah teknologi bahan yang anti air, kedap udara tapi tetap bisa mengalirkan panas jaket keluar. Bahan gore-tex ini terbagi menjadi 3, yang masing-masing punya kecocokan untuk kegiatan outdoor yang berbeda.

- Gore-tex Standar: jaket dengan bahan gore-tex standar ini cocok digunakan untuk aktifitas sehari-hari seperti berkendara dan bisa melindungi dari air serta angin di musim hujan.

- Gore-tex Active: jaket gore-tex active ini digunakan untuk aktivitas yang lebih ekstrim seperti mendaki gunung. Dengan bahan yang lebih kuat daripada gore-tex standar membuat jaket ini cocok digunakan untuk hiking di musim hujan.

- Gore-tex Pro: gore-tex pro sangat cocok digunakan untuk pendakian dengan cuaca yang ekstrim seperti puncak Cartenz karena desainnya yang paling kuat sehingga lebih tahan terhadap air, angin serta lebih awet.

Yang harus kamu tahu adalah jaket hiking waterproof dengan bahan gore-tex ini mensyaratkan perawatan yang agak sulit. Kesalahan dalam perawatan dapat merusak bahan gore-tex sehingga berpengaruh pada sifat ketahanannya pada air. Saat mencuci, gunakan air biasa atau sampo. Jangan pernah mencuci jaket hiking waterproof gore-tex ini dengan deterjen.

Selain itu, sifat bahan gore-tex yang tidak menyerap atau mengikat molekul air, maka jaket cukup diangin-anginkan saja di tempat yang teduh. Saat jaket hiking waterproof ini sudah kering, cukup gantung jaket dengan hanger, tak perlu dilipat.


2. Jaket Hiking Windproof

Jaket hiking windproof atau anti angin ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan hiking, traveling atau saat berkendara. Namun jaket ini hanya dianjurkan untuk musim kemarau saja. Saat musim hujan akan lebih baik menggunakan jaket waterproof. Secara sekilas, jaket hiking windproof dan waterproof hampir mirip dan sulit untuk dibedakan. Nah, untuk tahu apakah jaket windproof cukup mudah.

Cara pertama adalah dengan mencoba meniup jaket tersebut. Bila udara yang ditiupkan tidak tembus, maka jaket tersebut memiliki coating yang bisa menahan angin. Cara yang kedua adalah dengan memegang dan menggesekkan bahan. Bila ternyata bahan tersebut licin maka jaket tersebut adalah jaket windproof. Selain itu, yang membedakan keduanya adalah adanya seemsheeld atau perisai jahitan pada tepi jahitan resleting dan sambungan bahan. Pada jaket windproof kamu tidak akan menemui adanya seemsheeld ini.


3. Jaket Hiking Warm Up

Saat melakukan hiking di musim kemarau yang cenderung lebih dingin, kamu akan membutuhkan jaket hiking warm up ini. Jaket jenis ini akan mempertahankan panas tubuhmu agar tidak banyak yang keluar. Biasanya jenis bahan yang digunakan untuk jaket hiking ini adalah wool atau fleece.

Di kalangan para pendaki, jaket ini juga dikenal sebagai jaket polar. Karena selain wool atau fleece, jaket ini juga bisa terbuat dari bahan polar. Bahan polar ini juga kadang diaplikasikan pada jaket waterproof, gunanya agar menjaga suhu tubuh dari suhu dingin dan juga terjangan hujan.

Tak seperti jaket hiking waterproof, perawatan jaket warm up jauh lebih simpel. Jaket jenis ini boleh dicuci dengan menggunakan deterjen dan juga pewangi. Selain itu, kamu boleh menjemur jaket hiking warm up di bawah panas matahari langsung dan boleh dilipat saat menyimpan.

Nah, sudah tahu kan jenis jaket hiking sesuai peruntukan dan jenis pendakian. Ketiga jenis jaket ini memang memiliki range harga yang berbeda, tergantung dengan tingkat dan kualitas bahan jaket yang digunakan. Mengingat pentingnya jaket dalam olahraga hiking, maka pilihlah jaket yang paling pas serta sesuaikan penggunaan jaket dengan cuaca saat pendakian.

Kamu tak perlu bingung mencari toko jaket hiking karena ada Decathlon Indonesia. Toko olahraga Jakarta terlengkap yang menyediakan segala kebutuhan dan peralatan hiking kamu mulai dari sepatu hiking, toko jaket hiking, tenda, dan peralatan lainnya. Kamu juga bisa mencari informasi ataupun belanja online dengan mengunjungi website decathlon.co.id.

Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form