Mau coba "Bikepacking"? Cek tipsnya di sini!

December 28, 2022
Olahraga Sepeda

Seiring dengan tren bersepeda di Indonesia sejak awal pandemi, olahraga ini memunculkan beragam komunitas dan variasi yang berbeda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tiap individu ataupun kelompok. Salah satunya adalah traveling tapi dengan sepeda atau istilah barunya, Bike-packing. Namun, pertama kali bepergian jarak jauh dengan bersepeda mungkin memunculkan sedikit rasa cemas bagi sport users yang baru ingin memulai. Makanya, cek artikel berikut ya!

Sebenarnya, apa itu Bike-packing?

Bikepacking, atau traveling bersepeda adalah cara bepergian dan melihat pemandangan sekitar sambil duduk di sadel sepedamu! Perjalanannya bisa jadi berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Dalam aktivitas ini, penting untuk menyesuaikan barang-barang bawaan untuk mempersiapkan kenyamanan selama perjalanan sampai di tujuan nanti. Pastikan sport users membawa peralatan yang tepat.

Festival Sepeda size XS, cek di sini.
Planning untuk Bike-packing

Biasanya traveling menuntut kita untuk punya bawaan yang cukup banyak untuk perjalanan dan kebutuhan di destinasi jalan-jalan nanti. Tapi, perlu diingat kita sedang “bike”-packing jadi tentu space untuk barang bawaan tidak akan seluas biasanya. Tenang saja semua bisa diakali dengan perencanaan yang baik, kok!

Pastikan sport users punya gambaran yang baik akan jarak tempuh, waktu, dan medanbersepeda nanti. Sedetail mungkin. Sebisa mungkin termasuk juga di mana akan menginap, makan dan servis sepeda jika ada. Lalu sesuaikan peralatan dan kebutuhan yang harus dibawa. Semakin sering kamu Bike-packing, kamu akan semakin mengenal apa saja, seberapa banyak dan seberapa besar tas yang perlu kamu bawa kok, sport users!

ROCKRIDER MTB HYDRA BAG EXPLORE 2L./1L
Sebelum Berangkat,

Pastikan sepedamu dalam keadaan prima, ya! Pemeriksaan dan servis sepeda sebelum perjalanan jauh adalah hal paling penting yang harus diperhatikan. periksa semua bagian: rantai sepeda, sadel yang nyaman, pastikan setting semua komponen sudah tepat dan aman.

Bawaan yang diperlukan:

Bike-Packing jadi cara efektif untuk mengajarkan kita membawa barang seperlunya dan secukupnya. Pertimbangkan peralatan yang mungkin diperlukan, contohnya: ban dalam cadangan, dan lem. Begitu juga perlengkapan menginap dan bawa alat memasak kalau kamu memutuskan untuk memasak untuk perjalanan nanti.

Yang terpenting selain itu pastinya adalah makanan dan minuman! Bawa air, lebih baik kalau dalam wadah yang bisa diisi ulang di perjalanan. Untuk menghemat tempat, sport users juga bisa bawa protein/energy bar, buah pisang, atau beberapa permen.

ROCKRIDER Helm Sepeda Gunung ST 100

Persiapkan pakaian pengganti sesuai dengan medan bersepeda yang akan ditempuh, pilih pakaian bersepeda yang breathable dan fungsional. Begitu juga helm untuk melindungi kepala. Jangan lupa untuk membawa charger (atau lebih baik lagi kalau portable!) untuk memastikan ponsel kamu bisa menghubungi dan dihubungi, jadi penunjuk arah, melihat jam, dan berfoto jika ada spot menarik!

Author: Jennifer Nuqui

Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form