Mitos atau Fakta Banyak Latihan tapi Sedikit Makan, Apakah Tindakan Benar?

April 26, 2021
Artikel

Hi sport users! Banyak dari kita yang kerap kali berlatih dengan keras tetapi sangat mengurangi porsi makan kita, apakah hal itu baik untuk tubuh?


Pakar kesehatan menyebutkan jika olahraga adalah salah satu cara untuk membuat tubuh kita tetap sehat. Bahkan, jika kita rutin melakukan aktifitas fisik, maka kita bisa membakar kalori lebih banyak sehingga bisa menjaga berat badan tetap ideal atau bahkan membuat tubuh kita menjadi lebih langsing. Sayangnya, banyak orang yang salah artikan hal ini sehingga akhirnya terus melakukan olahraga dengan keras sekaligus menurunkan porsi atau frekuensi makan dengan drastis hanya demi menurunkan berat badan. Bukannya membuat badan jadi lebih langsing, hal ini justru akan membuat kita bisa jatuh sakit.

Daripada kita mengurangi porsi makan hingga kekurangan nutrisi, ada baiknya kita menjaga pola makan kita dengan baik. Agar apa yang masuk kedalam tubuh, dapat dicerna dengan baik dan bermanfaat. Kayak gimana sih pola makan yang baik itu?


1.Makan Sarapan yang Sehat

Bila kamu berolahraga di pagi hari, bangunlah lebih pagi setidaknya satu jam sebelum berolahraga agar kamu memiliki waktu untuk sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman berkarbohidrat sebelum berolahraga mampu meningkatkan kinerja latihan dan memungkinkan kamu untuk berolahraga lebih lama atau dengan intensitas yang lebih tinggi. Tidak makan sama sekali justru bisa membuat kamu jadi lesu atau pusing saat berolahraga. Beberapa sarapan sehat yang direkomendasikan yaitu roti/sereal gandum, susu rendah lemak, jus buah, yoghurt dan juga pancake. Jika kamu terbiasa minum kopi dipagi hari, maka meminum secangkir kopi sebelum berolahraga juga ide yang bagus.

2.PerhatikanPorsi Makanan yang Dikonsumsi

Perhatikan porsi makanan yang dimakan sebelum berolahraga agar tidak berlebihan. Berikut pedoman umum mengonsumsi makanan sebelum olahraga:

  • Saat makan besar, berilah jeda waktu setelah makan besar setidaknya 3-4 jam sebelum kamu berolahraga.
  • Saat makan makanan kecil atau camilan, kamu bisa mengonsumsi camilan sekitar 1-3 jam sebelum berolahraga.

3.Makan Camilan yang Sehat

Kebanyakan orang bisa makan camilan tepat sebelum atau selama berolahraga. Kuncinya adalah ketahui kondisi tubuh kamu. Camilan yang dimakan sesaat sebelum berolahraga mungkin tidak akan memberimu energi tambahan bila latihan hanya berlangsung kurang dari 60 menit, tapi dapat mengusir rasa lapar yang mengganggu. Bila waktu latihan lebih lama dari 60 menit, kamu bisa mendapatkan manfaat berupa tambahan energi dengan mengonsumsi makanan atau minuman kaya karbohidrat selama latihan.

4.Makan Setelah Berolahraga

Banyak orang berpikir makan setelah berolahraga akan membuat latihan kerasmenjadi sia-sia dan tidak efektif menurunkan berat badan. Mengonsumsi makanan setelah berolahraga penting untuk membantu otot kamu pulihdan mengganti simpanan glikogen yang terpakai. Jadi, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein dalam waktu dua jam setelah sesi olahraga.

5.Minum Air Putih yang Banyak

Pada dasarnya, air putih adalah pilihan minuman terbaik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun, bila kamu berolahraga selama lebihdari 60 menit, minumlah minuman olahraga untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan memberi energi.

Nah, jadi banyak latihan tetapi sedikit makan itu lebih sehat, mitos ya sport users! Yang terpenting adalah menjaga pola makan sehat, danjuga rutin berolahraga. Salam sehat sport users!



Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/pola-makan-yang-tepat-agar-olahraga-efektif-turunkan-berat-badan

https://doktersehat.com/terus-berolahraga-dengan-keras-dan-makan-sedikit-bukanlah-diet-yang-sehat/



Admin Deca

Halo semua! Bersama Deca kamu akan temukan berbagai tips dan informasi seputar olahraga. Kritik dan saran silakan kirim ke contact.indonesia@decathlon.com ya!

Related Posts

Terus dapatkan informasi terbaru

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form